Sharing Ilmu

Kamis, 07 Februari 2013

Cara membuat bunga dari plastik

13394675632115861041
Sulap Kantong Kresek bekas jadi DUIT yukk
By. Harini Rahmi
Dewasa ini sampah limbah plastik telah melilit bumi hampir dari setiap sisi. Kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat akan dampak dari limbah plastik membuat sampah jenis ini kian menggunung memenuhi tempat pembuangan akhir (TPA) sampah. Kita mungkin juga pernah mendengar berbagai tangan-tangan kreatif mampu memanfaatkan limbah plastik tersebut untuk berbagai produk seperti tas, jas hujan, dan pakaian. Ternyata limbah plastik juga dapat dibuat bunga.
Kemaren saya sempat melewati salah satu pasar yang beralamat di Siteba, kota Padang. Di tengah kemacetan, mata saya terarah pada salah satu kios yang menjual bunga. Wow, bunganya cantik dan penuh warna. Saya yang memang suka sekali dengan  bunga tak henti memandangi bunga-bunga tersebut. Saya pun segera memarkir motor di dekat kios tersebut dan mengambil beberapa gambar seperti yang saya upload di artikel ini.
Uni [panggilan kakak dalam bahasa Minang - Padang] si pemilik kios segera menghampiri saya. “Uni, bunganya rancak bana [cantik sekali]“, ujar saya sambil tersenyum ramah. Si Uni balas tersenyum ke arah saya. Setelah melihat lebih dekat saya jadi teringat akan maraknya kreasi bunga plastik yang dibuat dari kantong kresek. Beberapa teman sempat menceritakan hal ini kepada saya, namun saya tidak atau tepatnya belum pernah melihatnya secara langsung.  Untuk memastikannya, maka sayapun bertanya kepada Uni tersebut, dan beliau membenarkan bahwa bunga-bunga yang cantik itu dibuat dari kantong kresek aneka warna. Wah, ternyata hasilnya sangat menawan euy.
Bunga-bunga berbahan kantong kresek ini ternyata harganya tidak murah lo. Satu Pot bunga dijual senilai Rp. 75.000,- hingga Rp. 130.000,-. Jadi, bunga - bunga tersebut dapat juga dijadikan sebagai sumber penghasilan yang cukup menjanjikan. Berminat untuk bisnis? Kenapa tidak? Selamatkan bumi sambil menangguk rupiah? Wow it must be a great idea.
13394676511887106365
Kreasi ini dapat dibuat oleh siapa saja, bahkan anak SD sekalipun hehehe. Beberapa guru di sekolah dasar juga mengajarkan muridnya cara membuat bunga plastik ini. Hal hasil anak-anak tersebut bisa berkreasi dengan memanfaatkan bahan baku :)
1339467691520130375
Tahukah anda bahwa diperlukan waktu lebih dari  200 tahun agar sampah plastik tersebut dapat terurai sempurna. Jadi, gunakanlah plastik dalam kondisi darurat artinya jika memang tidak ada lagi alternatif bahan yang dapat digunakan. Dan kalaupun kita menggunakan media plastik, hendaknya plastik tersebut digunakan dengan bijak dan penuh kesadaran.
Yukkkk selamatkan bumi :)

2 komentar:

Posting Komentar